Membuat Form Login dan Register Laravel tanpa RIBET

Tutorial ini merupakan tutorial kelanjutan dari artikel Tutorial Install Laravel sebelumnya, untuk kalian yang belum baca artikelnya bisa langsung Klik Disini. Pada artikel kali ini admin akan membagikan tutorial mudahnya membuat Form Login dan Register secara otomatis dengan Laravel.

Pembuatan Form Login dan Register yang akan dilakukan di artikel ini menggunakan perintah dimana perintah tersebut sudah di sediakan oleh Laravel melalui php artisan seperti layaknya kita menjalankan Homestead dengan perintah php artisan serve.

Langkah - Langkah membuat Form Login dan Register Laravel :

  • Buka folder project laravel yang sudah di buat, disini admin menggunakan Visual Studio Code - Insider sebagai text editor default, mungkin dalam artikel lain akan kita bahas mengenai kelebihan Text Editor ini dan kenapa admin pilih Visual Studio Code - Indiser sebagai Text Editor Default admin.
Folder Project di Visual Studio Code - Insider
  • Kemudian buat database yang akan digunakan oleh project ini, silahkan buat database kalian dengan mengetikkan localhost/phpmyadmin di web address browser kalian. Sebelum membuka halaman ini pastikan bahwa Xampp kalian sudah diaktifkan
Membuat Database
  • Kemudian edit file .env yang ada di Project Laravel kalian, file ini diedit guna untuk menyambungkan project laravel ktia dengan database yang sudah dibuat. Bisa dibilang file .env merupakan file koneksi antara database dan project kita
    Ubah pada bagian ini :
  1. DB_CONNECTION=mysql (untuk yang menggunakan mysql )
  2. DB_HOST=127.0.0.1
  3. DB_PORT=3306
  4. DB_DATABASE=Nama_Database
  5. DB_USERNAME=Nama_User
  6. DB_PASSWORD=Password_Database( Default Kosong )
Atau bisa lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya 
Setting File .env
  • Kemudian ketikkan perintah berikut di Terminal Visual Studio Code - Insider : php artisan migrate ( Perintah ini digunakan untuk memasukkan file migrasi yang berisi skema tabel yang akan dibuat di server database )
php artisan migrate
  • Kemudian buka localhost/phpmyadmin untuk mengecek dan memastikan bahwa migrate berhasil, jika berhasil maka akan muncul beberapa table default seperti table migrations,users (Tabel ini terbentuk karena pada saat kita membuat project laravel akan terbentuk file migrate otomatis untuk tabel ini).
localhost/phpmyadmin
  • Jalankan project laravel melalui Homestead seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, untuk yang belum membaca silahkan buka artikel nya Disini.
php artisan serve
  • Kemudian buka http://localhost:8000/ pada web addres browser kalian
Sebelum ada form login dan register
  • Untuk langkah selanjutnya yaitu kita membuat authentikasi yang akan digunakan untuk halaman login dan register, kenapa admin sebut tanpa RIBET dalam pembuatan form ini, karena untuk membuat form Login dan Register beserta fungsinya ini hanya membutuhkan 1 perintah saja yaitu php artisan make:auth
php artisan make:auth
  • Kemudian silahkan kalian refresh atau buka kembali http://localhost:8000/, maka akan terlihat perbedaan pada bagian pojok kanan atas. Perbedaannya yaitu adanya menu LOGIN dan REGISTER yang sebelumnya tidak ada.
localhost:8000
  • Langkah terakhir yaitu uji coba Form LOGIN dan REGISTER yang sudah dibuat. Silahkan klik pada menu REGISTER dan lakukan REGISTER
Register
  • Jika Berhasil REGISTER maka akan masuk kehalaman seperti dibawah ini
Berhasil Register & Login
  • Selesai.
Untuk yang menggunakan Visual Studio Code sebagai text editornya kalian bisa membuka Terminal ny menggunakan kombinasi tombol CTRL + ~ secara bersamaan. Ini merupakan salah satu alasan admin menggunakan Visual Studio Code sebagai text editor default karena text editor ini sudah ada terminal nya juga tanpa harus membuka terminal sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Form Login dan Register Laravel tanpa RIBET"

Post a Comment